10 Kado Bermanfaat untuk Anak Laki-Laki, Recommended Banget!

Minco

6 days ago

10-kado-bermanfaat-untuk-anak-laki-laki-recommended-banget

Memilih kado untuk anak laki-laki, entah itu anak sendiri, keponakan, atau anak teman, memang terkadang menjadi tantangan tersendiri. Di satu sisi, kita ingin membuatnya senang, tapi di sisi lain, kita juga ingin memberi kado yang bermanfaat. Nah, supaya kamu gak bingung lagi, Minco sudah merangkum 10 rekomendasi kado yang enggak cuma disukai oleh anak, tapi juga edukatif dan mendukung tumbuh kembangnya. Yuk, disimak! 


Balok Kayu 

Salah satu mainan klasik yang tak lekang oleh waktu adalah balok kayu. Meskipun terlihat sederhana, mainan balok kayu memiliki banyak manfaat untuk melatih motorik halus anak usia 1-3 tahun. Selain itu, mainan balok juga membantu mengasah kreativitas anak. Dengan bermain balok kayu, mereka dapat berimajinasi membangun sesuatu dalam berbagai bentuk sekaligus belajar konsep keseimbangan dan logika. 

Lego 

Dengan tingkat satu level di atas balok kayu, lego menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan kado yang bermanfaat. Selain karena warnanya yang cerah dan menyenangkan, lego juga bisa merangsang kreativitas anak. Dengan lego, anak bisa membuat berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan mereka. Lego juga memiliki tantangannya sendiri dan ini berfungsi untuk mengasah kemampuan problem solving anak-anak. 

Buku Bacaan Bergambar 

Buku bacaan yang dilengkapi dengan gambar-gambar menjadi salah satu opsi kado terbaik yang bisa teman-teman berikan pada anak laki-laki maupun perempuan. Anak-anak dapat dikenalkan dengan buku cerita sejak hari pertama mereka lahir ke dunia. Tentunya dengan jenis buku yang berbeda-beda sesuai umur anak.  

Sepeda 

Salah satu opsi kado terbaik untuk anak laki-laki adalah sepeda. Selain bisa membantu anak menyalurkan energinya, sepeda juga bisa menjadi alat untuk melatih kemampuan konsentrasi sekaligus keseimbangan anak. Untuk anak laki-laki di bawah tiga tahun, Minco sarankan untuk mengambil sepeda jenis balancing bike terlebih dahulu supaya koordinasi gerakan tubuhnya lebih optimal untuk dapat mengendarai sepeda roda dua dengan pedal. 

Alat Musik 

Musik punya banyak sekali manfaat untuk anak-anak, di antaranya meningkatkan kreativitas, mengasah keterampilan kognitif dan motorik halus, memperkuat kemampuan sosial, menumbuhkan kepercayaan diri, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kecerdasan emosional. Oleh karena itu, salah satu opsi kado untuk anak laki-laki yang bisa Minco rekomendasikan adalah alat musik. Selain banyak manfaatnya, pilihannya pun beragam. Ada xylophone, mini drum, mini keyboard, gitar kecil atau ukulele, dan lain-lain. 

Puzzle 

Rekomendasi selanjutnya adalah mainan puzzle, yang enggak cuma menyenangkan, tapi juga sangat edukatif. Puzzle dapat mengasah kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah, berpikir kritis dan kreatif, serta melatih ketekunan dan kesabaran. Kenapa? Karena dengan bermain puzzle, anak ditantang untuk menyusun berbagai macam potongan gambar acak dengan bentuk yang mungkin berbeda menjadi satu gambar yang utuh. 

Alat Gambar dan Mewarnai 

Pada dasarnya, semua anak merupakan seniman alami. Makanya, kita sering mendapati anak mencoret-coret di berbagai tempat yang mungkin tidak seharusnya, seperti tembok, kasur, lantai, dan sebagainya. Akan tetapi, ada baiknya kita enggak langsung memarahi mereka. Kita bisa coba salurkan keinginannya untuk mencoret-coret dengan memberinya alat gambar dan mewarnai. Dengan begitu, keinginannya tetap terfasilitasi dengan baik, imajinasinya pun tetap terasah. 

Mobil-Mobilan 

Kado klasik lainnya, yang biasanya menjadi top of mind ketika bicara soal kado untuk anak laki-laki, adalah mobil-mobilan karena umumnya disukai oleh anak laki-laki. Meskipun terlihat sederhana dan mainstream, mobil-mobilan juga punya banyak manfaat, loh. Dengan bermain mobil-mobilan, anak dapat belajar tentang konsep mekanik sederhana, seperti bagaimana roda berputar dan mobil bergerak.  

Bola 

Pilihan kado selanjutnya adalah bola. Mainan ini membantu mengasah ketangkasan dan koordinasi tubuh anak. Misalnya dengan bermain lempar tangkap atau saling mengoper bola. Selain bermanfaat untuk kebugaran fisik anak, bola juga memberikan manfaat secara psikis. Dengan bermain bola bersama, anak dan orang tua dapat bonding dan menciptakan momen yang menyenangkan.  

Kolam Renang Anak 

Rekomendasi terakhir dari Minco adalah kolam renang anak atau kolam renang portable. Selain menyenangkan, aktivitas berenang atau bermain air tentunya punya banyak manfaat untuk tubuh si kecil. Kalau lagi enggak pengin main air, kamu juga bisa memanfaatkan kolam portable tersebut menjadi area bermain anak. Misalnya untuk main mandi bola. 

Kesimpulan 

Kesimpulannya, memilih kado yang bermanfaat dan edukatif untuk anak laki-laki ternyata tetap bisa memberikan kesenangan dan keseruan bagi mereka. Melalui mainan-mainan rekomendasi di atas, kamu tetap bisa melatih keterampilan motorik, kreativitas, kemampuan problem solving, serta mendukung aktivitas fisik si kecil. Jadi enggak bingung lagi, kan? Pokoknya, apa pun pilihanmu, temukan kado yang tepat di Toco. 


©2023 PT Toco Ramai Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi