iPhone 16 Mahal? Ini Seri iPhone yang Masih Worth It Dibeli di Tahun 2025

Minco

Kamis, 26 Sep 2024 03:28 WIB

iphone-16-mahal-ini-seri-iphone-yang-masih-worth-it-dibeli-di-tahun-2025

iPhone sudah menjadi primadona smartphone yang diidam-idamkan di seluruh penjuru dunia, bahkan sejak pertama kali diluncurkan. Makanya, perilisan iPhone 16 di September 2024 ini cukup menyita perhatian banyak orang dan menimbulkan pertanyaan apakah harganya sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Tapi, untuk kamu yang punya bujet terbatas, Minco akan kasih rekomendasi seri iPhone yang masih worth it di tahun 2025. Penasaran? Yuk, kita bahas! 

Inovasi Terbaru iPhone 16 


Dalam event Glowtime, CEO Apple—Tim Cookmengumumkan peluncuran iPhone 16 beserta seluruh fitur terbarunya yang semakin canggih. Peningkatan yang signifikan di sisi kamera, performa, dan desain, membuat iPhone 16 semakin memikat para pencinta iPhone dan semakin menonjol di pasaran. Berikut beberapa fiturnya. 

 

Tombol Kamera Khusus 

Jika di iPhone seri sebelumnya hanya ada dua tombol fisik, yaitu untuk power dan volume, iPhone 16 sudah dibekali dengan tombol tambahan yang berfungsi khusus untuk kamera. Tombol ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam pengambilan foto dan video yang lebih cepat dan praktis tanpa perlu membuka aplikasi kamera terlebih dahulu. Selain itu, tombol ini juga sudah mendukung gestur untuk zoom dan pengaturan pengambilan gambar lainnya. 

Kamera 48MP 

Meskipun secara umum kamera iPhone sudah mendapatkan banyak pujian, Apple tetap memberikan pembaruan pada iPhone 16. Dibekali dengan kamera 48MP, iPhone 16 menawarkan hasil foto dan video yang tajam dan berkualitas tinggi. Termasuk ketika kamu mengambil gambar di kondisi minim cahaya.  

Chipset A18 Bionic 

Melangkah jauh dari seri sebelumnya, iPhone 16 kini sudah didukung dengan chipset A18 Bionic, yang diklaim memiliki perfoma dua kali lipat lebih cepat dibanding pendahulunya, A16 Bionic. Dengan chipset A18 Bionic, iPhone diharapkan dapat menjalankan aplikasi secara lebih mulus dengan baterai yang lebih tahan lama. 

Port USB-C 

Sejak iPhone 15, Apple sudah beralih dari penggunaan port Lightning ke USB-C. Jadi sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang baru. Akan tetapi, Apple mengklaim bahwa iPhone 16 dapat mengisi baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit dengan adaptor 20W dan bisa lebih ngebut lagi dengan adaptor maksimal 45W.  

Apple Intelligence 

Fitur yang menjadi topik pembicaraan di mana-mana adalah AI (Apple Intelligence) atau kecerdasan buatan Apple. Fitur ini tersedia untuk iPhone, iPad, dan Mac, serta berfungsi untuk meningkatkan kemampuan perangkat dalam menghadirkan kecerdasan buatan pada konteks personal. Beberapa fungsi utamanya adalah memaksimalkan hasil fotografi dan videografi, mendukung Siri yang lebih cerdas, menganalisis dan memberikan rekomendasi aplikasi, kontak, dan aktivitas berdasarkan kebiasaan penggunanya, serta mengoptimalkan daya tahan baterai dan kinerja perangkat. 


Rekomendasi iPhone yang Masih Layak di 2025 


Dengan fitur-fitur yang sangat canggih tadi, iPhone 16 series tentu saja dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Di Indonesia, estimasi harga iPhone 16 diperkirakan mulai dari Rp16,5juta, iPhone 16 Plus mulai dari Rp18,5 juta, iPhone 16 Pro mulai dari Rp21juta, dan iPhone 16 Pro Max mulai dari Rp25juta.  

iPhone 12 

iPhone 12 rilis pada tahun 2020. Meski sudah berumur 4 tahun, iPhone ini masih sangat recommended untuk digunakan di tahun 2025 mendatang, bahkan di tahun-tahun berikutnya. iPhone 12 memiliki layar OLED dengan desain flat-edge yang elegan dan modern. Ditanami chipset A14 Bionic dan dukungan sinyal 5G membuatnya tetap ciamik digunakan. 

iPhone 12 Pro 

Satu level di atas iPhone 12, ada iPhone 12 Pro yang memiliki desain sama, tetapi sudah dibekali dengan fitur-fitur yang lebih unggul. iPhone 12 Pro memiliki triple camera yang canggih. Sensor LiDAR-nya membantu memaksimalkan hasil foto dan video lebih tajam, bahkan di kondisi minim cahaya. Dilengkapi juga dengan lensa telephoto yang mendukung optical zoom hingga 2,5x dan lensa ultra wide untuk pengambilan gambar dari sudut pandang yang lebih luas. 

iPhone 13 Pro 

Salah satu seri iPhone yang paling worth it untuk dibeli adalah iPhone 13 Pro. Dengan chip A15 Bionic dan layar ProMotion 120Hz, iPhone 13 Pro memberikan pengalaman yang mulus bagi para penggunanya. Selain itu, kamera di iPhone seri ini juga termasuk yang paling tangguh dan juara. iPhone 13 Pro menjadi pelopor macro photography yang belum ada di model-model sebelumnya.  

iPhone 14 Pro 

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada iPhone 14 Pro yang memiliki kapasitas baterai cukup besar untuk ukuran iPhone, yaitu di angka 3200 mAh. Dikolaborasikan dengan prosesor A16 Bionic,  Apple mengklaim iPhone 14 Pro dapat bertahan 23 jam saat menonton video dan 75 jam saat mendengarkan musik. Desainnya yang elegan, tipis, dan ringan juga bisa jadi pertimbangan kamu memilih iPhone ini. 

iPhone 15 

Rekomendasi lainnya dari Minco adalah iPhone 15 yang rilis di tahun 2023. Mengingat seri ini tergolong baru, tentu saja iPhone 15 menjadi salah satu opsi yang paling tepat dan masih sangat layak digunakan untuk beberapa tahun ke depan. iPhone 15 sudah dilengkapi dengan fitur Dynamic Island untuk tampilan lebih memukau, chipset A16 Bionic yang mendukung berbagai aplikasi berjalan mulus, kapasitas baterai yang besar, dan pilihan warna pastel yang menggemaskan. 

 

Tips Memilih iPhone Sesuai Kebutuhan 


Gimana? Dari rekomendasi-rekomendasi di atas, apakah kamu sudah bisa menentukan iPhone seri berapa yang akan kamu pinang? 

Kalau masih bingung, Minco punya beberapa tips untuk kamu. Apalagi dengan begitu banyaknya seri iPhone yang memiliki fitur super mirip, memilih iPhone memang bisa sedikit tricky. Jadi yuk, simak tips memilih iPhone yang tepat sesuai kebutuhanmu! 

Penggunaan Sehari-hari 

Jika kamu sehari-hari menggunakan iPhone untuk aktivitas yang ringan, seperti browsing, scrolling media sosial, chatting, dan streaming, iPhone 12 bisa jadi opsi yang lebih dari cukup untuk memenuhinya. 

Performa 

Apabila kamu seorang avid gamer atau butuh iPhone yang dapat menunjang aplikasi-aplikasi berat, kamu butuh iPhone dengan prosesor terbaru. Paling tidak, pilihlah iPhone dengan chipset A15 Bionic seperti iPhone 13 Pro atau A16 Bionic misalnya iPhone 14 Pro. 

Kamera 

Untuk kamu yang gemar fotografi dan videografi, memilih iPhone dengan triple camera merupakan keputusan yang bijak. Kamu bisa mempertimbangkan iPhone 13 Pro atau iPhone 14 Pro. Kedua seri tersebut menawarkan fitur-fitur kamera yang lengkap, seperti mode malam dan macro photoghraphy. 

Baterai 

Daya tahan baterai iPhone memang sudah menjadi momok bagi para penggunanya. Makanya, sering kali seseorang yang butuh smarthphone dengan “baterai badak” akan lebih memilih gadget Android. Namun, untuk kamu yang butuh iPhone dengan baterai besar dan bisa bertahan seharian, Minco bisa merekomendasikan iPhone 14 Pro atau iPhone 15. 

Kapasitas Penyimpanan 

Untuk kamu yang butuh kapasitas penyimpanan yang besar, kamu bisa mengambil iPhone seri berapa pun yang memiliki kapasitas 256 GB ke atas. Terutama jika kamu suka menyimpan foto, video, atau dokumen lain dalam jumlah besar. 

Bujet 

Terakhir dan yang paling penting, selain harus bisa memprioritaskan fitur-fitur sesuai kebutuhan sehari-harimu, kamu juga harus bisa menyesuaikannya dengan bujet yang kamu miliki. 


Kesimpulan 

iPhone 16 yang baru saja rilis di tahun 2024 memang memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya ingin kita miliki. Akan tetapi, jangan lupa untuk menyusun prioritas berdasarkan kebutuhan. Pertimbangkan dulu matang-matang sebelum memilih iPhone. Jika iPhone 16 belum masuk ke bujetmu, mungkin beberapa rekomendasi iPhone seri sebelumnya dari Minco bisa menjadi masukan yang bermanfaat. 

Jangan lupa, apa pun seri iPhone yang kamu pilih, cari dan temukan di toco.id. 

©2023 PT Toco Ramai Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi