Selamat datang di https://toco.id . Mohon dapat luangkan waktu sejenak untuk membaca dan memahami setiap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform ini.


Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Toco Ramai Digital terkait penggunaan https://toco.id . Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.


Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs https://toco.id , maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Toco Ramai Digital. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di https://toco.id .

  1. Definisi
    1. PT Toco Ramai Digital adalah suatu Perusahaan Terbatas yang didirikan berdasarkan dan tunduk kepada hukum Republik Indonesia (“Toco.id” atau “Kami”). Toco.id bergerak dibidang usaha perdagangan elektronik (e-commerce) yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
    2. Situs Toco.id adalah https://toco.id.
    3. Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Toco.id yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Toco.id, serta tata cara penggunaan sistem layanan Toco.id.
    4. Pengguna dan Anda adalah pihak yang menggunakan layanan Toco.id, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Toco.id.
    5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Toco.id.
    6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Toco.id.
    7. Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
    8. Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Toco.id untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Toco.id dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
    9. Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Toco.id untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs Toco.id. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Toco.id.
    10. Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi Toco.id yang menampilkan konten dari Penjual, KOL, atau pihak lainnya terkait Barang tertentu.
    11. Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Barang atau Penjual tertentu melalui Feed.
    12. Rekening Resmi Toco.id adalah rekening bersama yang disepakati oleh Toco.id dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs Toco.id. Rekening resmi Toco.id dapat ditemukan di halaman https://toco.id.
    13. Internal Dropshipper adalah transaksi yang seluruhnya terjadi di ruang lingkup Toco.id yang dilakukan oleh Penjual dengan membeli Barang dari Penjual lainnya dan menjualnya kembali melalui Situs Toco.id.
    14. Cash on Delivery (selanjutnya disebut COD) Adalah metode yang dipilih Pembeli dalam melakukan pembayaran setelah barang diterima.
  2. Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan
    1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah berusia minimal 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Pengguna secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Situs/Aplikasi, layanan yang tersedia di Situs/Aplikasi, konten pihak ketiga yang berada di Situs/Aplikasi, penawaran di Situs/Aplikasi atau metode pembayaran yang berlaku di Situs/Aplikasi, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Pengguna membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Situs/Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Pengguna. Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Pengguna berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Pengguna dianggap telah dewasa secara hukum.
    2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dengan melakukan pendaftaran akun pada Situs/Aplikasi, Pengguna akan teridentifikasi melalui Profile ID yang terhubung kepada sebuah TOCO Profile, di mana Pengguna juga secara sukarela memberikan persetujuannya terhadap Toco.id tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
    3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Toco.id, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya.
    4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
      1. Pembeli
      2. Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.
    5. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
    6. Pengguna yang telah melakukan tindakan buka toko diharapkan mengunggah konten produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah toko berhasil dibuka. Apabila dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender Pengguna masih tidak mengunggah konten produk, maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Toco.id berhak untuk melakukan moderasi dan/atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya.
    7. Toco.id tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
    8. Toco.id memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Toco.id, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Penalti Pengguna yang dapat Anda lihat.
    9. Pengguna menyetujui bahwa Toco.id berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
    10. Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan, memodifikasi, membongkar, melakukan kegiatan penggandaan, menjual kembali dan/atau kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data Situs/Aplikasi dengan teknologi otomatis atau manual tanpa adanya izin dari Toco.id.
    11. Pengguna menyetujui untuk tidak menggunakan dan/atau mengakses sistem Toco.id secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat mengakibatkan melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Situs/Aplikasi Toco.id.
    12. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem Toco.id, seperti namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) membuat banyak akun; (iii) memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan Toco.id; (iv) kegiatan perambanan (crawling/scraping) atau penyalinan konten; (v) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dan lain sebagainya; (vi) penambahan produk ke etalase; (vii) mengumpulkan (harvest) atau mencuri data pengguna; (viii) melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau (ix) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem.
    13. Toco.id memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
    14. Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs Toco.id dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
    15. Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs Toco.id, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
    16. Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs Toco.id dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
    17. Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs Toco.id, namun dapat digunakan untuk fitur-fitur berlangganan yang membantu Penjual, seperti TopAds atau promo cashback toko.
    18. Toco.id memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Toco.id.
    19. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
    20. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan nama toko dan/atau domain toko sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Toco.id. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama toko dan/atau domain toko telah sesuai dengan yang diinginkan dan Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama toko dan/atau domain toko yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum perubahan nama toko dan/atau domain toko tetap mengikat Pengguna.
    21. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan dan Toco.id berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.
    22. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
    23. Toco.id tidak pernah melakukan permintaan username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Toco.id menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data apapun maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Toco.id atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    24. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Toco.id jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
    25. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Toco.id tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh Toco.id melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    26. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna ditambah PPN sesuai dengan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia Telkomsel.
    27. Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
    28. Pengguna dilarang melakukan transaksi fiktif atau transaksi sejenis yang bertujuan untuk mengubah limit kredit menjadi uang tunai dan atau gesek tunai (cash swipe) tanpa melalui proses penarikan tunai resmi dari lembaga keuangan terkait. Segala bentuk penyalahgunaan transaksi yang dilakukan dianggap sebagai upaya manipulasi data transaksi dan dapat dikenai sanksi, termasuk namun tidak terbatas pada pembekuan akun, pemutusan layanan, atau tindakan hukum lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku
    29. Pengguna membebaskan Toco (termasuk namun tidak terbatas pada direktur, karyawan dan afiliasinya) apabila terjadi charge back terhadap cardholder.
  3. Transaksi Pembelian
    1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Toco.id. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Toco.id akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Toco.id telah selesai.
    2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
      1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
      2. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi Toco.id tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. Toco.id telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi Toco.id muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi Toco.id akan akurat.
      3. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
      4. Toco.id tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut, sehingga ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, dengan situasi sebagai berikut:
      1. Jika stok Barang kosong, maka Penjual dapat menolak pesanan dan pembayaran atas Barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
      2. Jika Pembeli membeli lebih dari 1 (satu) Barang berbeda dan terdapat stok Barang yang kosong, maka Penjual dapat menerima pesanan Barang sebagian dengan persetujuan Pembeli dan Pembeli akan menerima pengembalian pembayaran sebagian.
      3. Jika Pembeli membeli lebih dari 1 (satu) Barang yang sama dan Penjual tidak dapat memenuhi seluruh pesanan, maka Penjual dapat menerima pesanan Barang sebagian dengan persetujuan Pembeli dan Pembeli akan menerima pengembalian pembayaran sebagian.
      4. Penerimaan pesanan Barang sebagian oleh Penjual tidak dapat diproses tanpa persetujuan Pembeli, sehingga jika terdapat perubahan stok Barang, maka Pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui Aplikasi Toco.id dan Pembeli dapat menyetujui atau menolak tawaran Penjual sesuai batas waktu konfirmasi pesanan berdasarkan jenis pengiriman yang dipilih. Jika tidak ada konfirmasi dari Pembeli, maka pesanan akan dibatalkan secara otomatis.
      5. Pembeli memahami dan menyetujui dengan menerima pesanan Barang sebagian, maka pengembalian pembayaran sebagian akan diterima oleh Pembeli ketika transaksi selesai. Apabila stok Barang kosong, maka Penjual dapat menolak pesanan dan pembayaran atas Barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
    4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Toco.id dan/atau tanpa sepengetahuan Toco.id (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar situs Toco.id atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
    5. Toco.id memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    6. Pembeli menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi Toco.id pada saat Pembeli melakukan transaksi pembelian, Toco.id akan meneruskan data informasi Pembeli kepada Penjual.
    7. Pembeli yang menggunakan metode pembayaran transfer bank, nilai total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Jika pembayaran tersebut telah diverifikasi, maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli secara real-time.
    8. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PT Toco.id tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli, apabila Pembeli melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
    9. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Toco.id memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
    10. Pembeli disarankan untuk memeriksa dan melakukan pembayaran sesuai dengan nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Khusus pembayaran melalui manual transfer bank, apabila terdapat kekurangan pembayaran, maka akan dicukupi dengan mengurangi saldo Toco.id pada akun Pembeli. Apabila saldo Toco.id pada akun Pembeli juga tidak mencukupi kekurangan Pembayaran, Pembeli akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan bantuan, chat atau email yang terdaftar di Toco.id untuk melakukan pembayaran kembali senilai kekurangannya hingga batas waktu akhir penerimaan pembayaran yang telah ditentukan sebelumnya.
    11. Pembayaran dengan metode pembayaran transfer bank (verifikasi manual) sangat disarankan mengunggah bukti pembayaran pada Aplikasi Toco.id untuk mempermudah proses verifikasi.
    12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Toco.id adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
    13. Pengembalian dana dari Toco.id kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
      1. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang;
      2. Pembeli menyetujui penerimaan Barang sebagian yang ditawarkan oleh Penjual;
      3. Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai;
      4. Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya;
      5. Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan; dan
      6. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Toco.id.
    14. Proses pengembalian dana ke rekening terdaftar milik Pembeli akan diselesaikan mengikuti ketentuan dari masing-masing Bank pada Hari Kerja Setelah adanya pembatalan transaksi atau telah memenuhi ketentuan Point C angka 13 ketentuan ini. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan yang berlaku pada masing-masing Bank sebagai penerbit Kartu Kredit
    15. Pembeli dilarang untuk membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi atau lebih secara terpisah untuk membagi nilai pembayaran (split payment) dengan tujuan memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menghubungi Penjual untuk melakukan perubahan harga dan/atau membeli beberapa produk untuk membagi jumlah harga dari suatu produk yang diinginkan.
    16. Pembeli memahami dan menyetujui untuk melepaskan Toco.id dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan Barang baik sebagian maupun seluruhnya.
    17. Toco.id berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi pembelian menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi dan/atau pembatalan promo atau cashback.
    18. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Toco.id. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
    19. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli bertanggung jawab untuk menjaga informasi terkait transaksi dan pengiriman melalui Situs/Aplikasi Toco.id. Seluruh tindakan termasuk namun tidak terbatas pada kesepakatan yang dilakukan atas transaksi pembelian, pengembalian maupun penukaran Barang diluar Situs/Aplikasi Toco.id bukan lagi menjadi tanggung jawab Toco.id, sehingga klaim serta kerugian yang timbul akibat tindakan tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing pihak secara pribadi.
    20. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Toco.id memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Toco.id, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu yang sudah ditentukan tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan ini Pembeli menyatakan dan memberikan persetujuan kepada Toco.id untuk merubah status penerimaan Barang yang dilakukan secara otomatis melalui sistem Toco.id.
    21. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Toco.id akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
    22. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Toco.id. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
    23. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
    24. Permasalahan transaksi yang belum terselesaikan antara Penjual dan Pembeli, maka Toco.id berwenang mengambil keputusan berdasarkan bukti-bukti yang ada. Keputusan Toco.id adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya
    25. Pengguna memahami dan menyetujui jika ditemukan adanya indikasi kecurangan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan Toco.id atau melanggar ketentuan hukum yang berlaku, maka Toco.id berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pembatasan pilihan metode pembayaran, melakukan pembatalan transaksi tanpa pemberitahuan sebelumnya
  4. Transaksi Penjualan
    1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
    2. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang.
    3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Toco.id berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
    4. Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan Toco.id, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan Toco.id.
    5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima, menerima sebagian, atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Toco.id. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
    6. Dalam hal Penjual menerima pesanan Barang sebagian, Penjual dapat mengubah jumlah pesanan Barang yang masuk dari Pembeli karena alasan ketersediaan stok Barang, untuk kemudian pesanan Barang dapat diproses oleh Penjual menjadi pesanan Barang sebagian. 
    7. Penerimaan pesanan Barang sebagian hanya dapat diproses oleh Penjual dengan persetujuan dari Pembeli.
    8. Penjual memahami dan menyetujui bahwa jika Penjual melakukan penerimaan pesanan Barang sebagian melebihi batas yang telah ditentukan oleh Toco, maka akan berpengaruh pada skor toko Penjual.
    9. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Toco.id berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
    10. Penjual dilarang untuk menyediakan metode pembayaran terpisah (split payment) dan/atau membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi yang berbeda dengan tujuan untuk memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menggunakan layanan "varian produk" atau menjual beberapa produk sehingga membagi jumlah harga atau transaksi dari suatu produk yang diinginkan.
    11. Penjual memahami dan menyetujui untuk melepaskan Toco.id dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan produk baik sebagian maupun seluruhnya.
    12. Toco.id berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi penjualan menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi, penyesuaian reputasi toko, penghapusan produk, moderasi toko, dan/atau penutupan toko.
    13. Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. Toco.id berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.
    14. Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (Air Way Bill) yang valid, yaitu:
      1. Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
      2. Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Toco.id; dan/atau
      3. Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
    15. Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Toco.id.
    16. Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh Toco.id kepada Penjual.
    17. Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 11 dan D. 12 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan di atas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
    18. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat https://toco.id. .
    19. Toco.id berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs Toco.id; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Toco.id; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper)
    20. Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
    21. Toco.id berwenang mengambil keputusan berdasarkan bukti-bukti yang ada atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli. Keputusan Toco.id adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
    22. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
    23. Toco.id berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
    24. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
    25. Penjual dilarang terlibat dalam aktivitas penipuan seperti penipuan pembayaran, penjualan barang fiktif, pencurian identitas dan atau peretasan akun, penipuan ulasan, penilaian atau segala bentuk manipulasi ulasan di platform.
    26. Penjual tidak boleh mendaftarkan lebih dari satu akun pengguna untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri selama menggunakan platform.
  5. Verifikasi Identitas
  6. Anda mengetahui dan mematuhi bahwa dalam fitur Toco.id akan mensyaratkan Pengguna untuk melakukan Verifikasi Identitas.


    Dalam hal proses Verifikasi Identitas, Anda dengan ini menyetujui dan memberikan kuasa kepada Toco.id untuk meneruskan Data Pribadi Anda untuk dapat diperiksa kesesuaiannya oleh Pihak Ketiga yang bermitra dengan kami dalam hal ini PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.


    Data Pribadi Anda termasuk namun tidak terbatas pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), alamat surat elektronik (email) Anda, web, nomor telepon genggam (HP), data biometric, paspor, foto, data badan usaha, serta informasi tambahan lainnya kepada Penyelenggara Sertifikasi Elektronik sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik, dan Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan diproses lebih lanjut oleh VIDA sebagai Mitra dari Toco.id untuk keperluan penerbitan dan pengelolaan Sertifikat Elektronik.


    VIDA sebagai Penyedia Sertifikasi Elektronik, yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai tanda bahwa data privasi Anda telah diverifikasi dan dapat dibuktikan keabsahannya kepada otoritas yang berwenang. Toco bersama VIDA dalam hal ini bertindak sebagai pengendali data berhak melakukan persetujuan dan penolakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Apabila ditemukan data yang tidak lengkap, tidak akurat, tidak valid, dan/atau tidak konsisten sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Toco berhak mengembalikan status Pengguna yang semula terverifikasi menjadi tidak terverifikasi.


    Kebijakan Sertifikat Elektronik ( Subscriber Aggrement ), Kebijakan Privasi PsrE ( CA Privacy Policy ) serta Pernyataan Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik (Certification Practice Statement) VIDA dapat diakses melalui https://repo.vida.id .

  7. Layanan Lainnya
  8. Layanan lainnya merupakan barang dan/atau jasa selain layanan Toco.id yang dapat digunakan melalui Aplikasi Toco.id, yang disediakan oleh Pihak Ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak yang bekerja sama dengan mitra kami.

    Pengguna dengan ini juga mengetahui dan menyetujui bahwa Pengguna bersedia untuk mematuhi syarat dan ketentuan dari Pihak Ketiga yang bermitra dengan kami.

  9. Biaya Layanan
    1. Biaya Layanan merupakan biaya atas penggunaan dan pemanfaatan layanan Situs/Aplikasi dalam pelaksanaan transaksi pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh Pengguna pada Situs/Aplikasi. Ketentuan lebih lanjut mengenai Biaya Layanan.
    2. Biaya Jasa Aplikasi merupakan biaya penggunaan pada Situs/Aplikasi Toco.id untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanan melalui Situs/Aplikasi Toco.id. Ketentuan lebih lanjut mengenai Biaya Jasa Aplikasi.
    3. Toco.id tidak mengetahui dan oleh karenanya tidak dapat menjamin keabsahan Barang yang dijual atau dibeli secara mandiri oleh Pengguna, untuk itu Pengguna wajib memastikan bahwa Barang yang dijual atau dibeli tidak melanggar ketentuan dalam poin J. Jenis Barang dan/atau ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 
    4. Dalam hal ditemukannya dan/atau terdapat dugaan pelanggaran Barang pada transaksi Pengguna, maka Biaya Layanan yang dikenakan pada Penjual dan Biaya Jasa Aplikasi atas transaksi yang dikenakan kepada Pembeli akan dikembalikan kepada masing-masing Pengguna. Pengguna dengan ini menjamin, membebaskan dan melepaskan Toco.id dari segala tuntutan hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.
  10. Harga
    1. Harga Barang yang terdapat dalam situs Toco.id adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
    2. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs Toco.id. Toco.id berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Toco.id atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Toco.id dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
    4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Toco.id.
    6. Dengan melakukan pemesanan melalui Toco.id, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
    7. Setiap harga Produk yang dijual dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan Penjual seperti yang tercantum dalam situs Toco.id, dan harga sudah termasuk pajak yang berlaku, kecuali Penjual bukan merupakan PKL (Pengusaha Kena Pajak).
    8. Untuk produk yang diimpor dari luar wilayah Replublik Indonesia, kecuali dinyatakan sebaliknya, harga Produk tersebut tidak termasuk pajak, bea masuk dan biaya yang mungkin dikenakan atas Produk impor berdasarkan Hukum yang berlaku, yang menjadi tanggung jawab Pembeli.
    9. Situs Toco.id untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.
  11. Tarif Pengiriman
    1. Pembeli memahami dan mengerti bahwa Toco.id telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Toco.id tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
    2. Karena itu Toco.id menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan Toco.id, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
    3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab Toco.id, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.
  12. Konten
    1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Toco.id, Pengguna dilarang untuk menggunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, video atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Toco.id, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Toco.id. Toco.id berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
    2. Setelah Seller menerima pemberitahuan dan tidak merespon dalam kurun waktu 1x24 jam, maka Toco.id berhak untuk mengubah kategori produk yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    3. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
    4. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
    5. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Toco.id, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
    6. Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin J. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin J. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Toco.id berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
    7. Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Toco.id dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Toco.id hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Toco.id.
    8. Pengguna menjamin bahwa dalam mengunggah konten tidak melanggar hak kekayaan intelektual ke dalam situs Toco.id. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Toco.id.
    9. Toco.id menyediakan fitur "Diskusi Produk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
    10. Meskipun Toco.id mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, Toco.id tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbaharui, dan dalam hal ini Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Toco.id bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog meskipunKatalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.
    11. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi Toco.id melalui Feed akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
    12. KOL, Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Feed bertanggung jawab penuh terhadap konten atau materi yang diunggah melalui fitur Feed.
    13. Toco.id berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
  13. Jenis Barang dan Jasa
  14. Berikut ini adalah daftar jenis Barang dan Jasa yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Toco.id:

    1. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
    2. Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
    3. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
    4. Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
      1. SNI;
      2. Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
      3. Label dalam Bahasa Indonesia.

    Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut:


    1. Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
    2. Barang yang merupakan hasil dan/atau terkait pelanggaran Hak Cipta atau Merek, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Penggunaan Merek pihak lain tanpa izin, termasuk namun tidak terbatas pada nama, deskripsi, video, atau foto produk;
      2. Barang palsu / imitasi / bajakan;
      3. Penggunaan hak cipta pihak lain tanpa izin pada Barang yang dijual; 
      4. Pelanggaran hak cipta pihak lain tanpa izin pada gambar, video, atau deskripsi produk; dan/atau
      5. Pelanggaran hak kekayaan intelektual lainnya pada Barang yang dijual.
    3. Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.
    4. Minuman beralkohol.
    5. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
    6. Pakaian dalam bekas.
    7. Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.
    8. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
    9. Seragam pemerintahan.
    10. Bagian/Organ manusia.
    11. Mailing list dan informasi pribadi.
    12. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
    13. Pestisida, kecuali pestisida untuk penggunaan yang telah mempunyai nomor pendaftaran dan izin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
    14. Atribut kepolisian.
    15. Barang hasil tindak pencurian.
    16. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
    17. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
    18. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
    19. Hewan berbahaya dan/atau Hewan yang dilindungi, Penjual dan Pembeli wajib memperhatikan ketentuan penjualan hewan peliharaan pada Situs/Aplikasi.
    20. Segala Jenis Tumbuhan yang dilindungi oleh Pemerintah

      Berikut Tumbuhan dan Hewan yang dilindungi:

      Jenis Tumbuhan dan Hewan yang dilindungi Pemerintah
    21. Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.
    22. Materai, kecuali materai tempel yang dijual oleh Penjual yang merupakan pihak yang ditunjuk secara resmi oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk menjual meterai tempel melalui Situs/Aplikasi.
    23. Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi
    24. Perlengkapan dan peralatan judi.
    25. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
    26. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
    27. Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (telepon, listrik, gim, dan/atau credit digital), tiket pesawat dan/atau tiket kereta.
    28. Tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik.
    29. Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat TOEFL, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya
    30. Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
    31. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
    32. Segala jenis Jasa kecuali untuk penawaran yang berasal dari Toco.id dan afiliasinya termasuk namun tidak terbatas pada jasa print, jasa kebersihan, jasa wedding dan parenting.
    33. Segala jenis Barang yang isinya tidak pasti, bersifat acak dan/atau undian, termasuk namun tidak terbatas pada Produk Kotak Misteri. Ketentuan tersebut di kecualikan untuk Official Store dan Afiliasi Toco.id.
    34. Alat Kesehatan yang wajib memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan atau tidak boleh diperdagangkan secara bebas.
    35. Barang yang dilarang atau dibatasi oleh Apple IOS atau Android
  15. Pembayaran dan Promo
  16. Semua pembayaran harus dilakukan melalui Toco dengan menggunakan metode pembayaran yang sudah disediakan pada Toco.id dan Toco.id berhak untuk menambah, mengubah dan menghentikan untuk sementara atau permanen metode pembayaran tertentu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


    Pengguna bertanggung jawab atas semua pembayaran dan biaya yang berhubungan dengan transaksi pada Toco.id, dan tidak dapat menuntut Penjual atau salah satu agennya termasuk Toco.id atas kegagalan, gangguan, atau kesalahan apapun yang berhubungan dengan metode pembayaran yang telah dipilih.


    Toco.id sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.


    1. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Toco.id untuk mengikuti setiap promo Toco.id. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Toco.id.
    2. Pastikan nomor handphone yang sudah terverifikasi aktif pada saat melakukan transaksi. Jika terjadi perubahan nomor handphone pada akun Toco.id pengguna karena nomor sebelumnya sudah tidak aktif, maka pengguna tidak akan mendapatkan cashback.
    3. Toco.id berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, melakukan pembatasan metode pembayaran serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan Toco.id dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
    4. Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
      1. Jika terdapat selisih antara berat Barang pada deskripsi produk dengan berat Barang yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang pada data pihak kurir/logistik;
      2. Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid dan/atau resi pengiriman dari transaksi Toco.id. Penjual yang mempergunakan resi pengiriman invalid dan/atau resi pengiriman yang bukan dari transaksi Toco.id, maka Penjual tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau 
      3. Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Toco.id, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
    5. Setiap Promo Toco.id tidak berlaku untuk penggunaan resi pengiriman sebagai berikut:
      1. Resi pengiriman yang diinput lebih dari 1 (satu) kali. Jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali atau lebih, maka manfaat Promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh Pembeli pertama. Benefit Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (Pembeli kedua). 
      2. Resi pengiriman yang bukan dari transaksi Toco.id. Jika ditemukan Penjual menyertakan resi pengiriman yang bukan dari transaksi Toco.id, maka manfaat Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi tersebut dan/atau akan dilakukan penarikan kembali Promo yang sudah diberikan sesuai dengan yang diberikan oleh Toco.id.
      3. Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Toco.id, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Customer Care, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
    6. Setiap Promo Toco.id tidak berlaku untuk penggunaan resi pengiriman sebagai berikut:
      1. Resi pengiriman yang diinput lebih dari 1 (satu) kali. Jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali atau lebih, maka manfaat Promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh Pembeli pertama. Benefit Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (Pembeli kedua).
      2. Resi pengiriman yang bukan dari transaksi Toco.id. Jika ditemukan Penjual menyertakan resi pengiriman yang bukan dari transaksi Toco.id, maka manfaat Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi tersebut dan/atau akan dilakukan penarikan kembali Promo yang sudah diberikan sesuai dengan yang diberikan oleh Toco.id.
    7. Setiap Promo Toco.id tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, paket data, dan minuman beralkohol.
  17. Pengiriman Barang
    1. Pembeli wajib memastikan Alamat pengiriman sudah tercantum benar, lengkap, dan akurat. Toco.id tidak bertanggung jawab atas kegagalan pengiriman yang disebabkan oleh kesalahan Pembeli. Pengiriman barang dilakukan antara Penjual dan atau penyedia jasa pengiriman yang ditunjuk ke Alamat yang disediakan oleh Pembeli dan setiap ketentuan yang berhubungan dengan proses pengiriman barang adalah wewenang dari penyedia jasa layanan pengiriman barang.
    2. Pengiriman Barang dalam sistem Toco.id wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Toco.id yang dipilih oleh Pembeli. Apabila Penjual memasukkan resi di luar dari resi partner rekanan Toco.id (termasuk di dalamnya resi pengiriman dari kurir luar negeri), Toco.id berhak untuk menolak resi tersebut; dimana hal ini dapat mengakibatkan dibatalkannya sebuah pesanan. 
    3. Kurir pengiriman untuk semua transaksi menggunakan layanan instant ditentukan berdasarkan ketersediaan kurir dan performa kurir yang terbaik untuk pembeli.
    4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
    5. Estimasi jangka waktu pengiriman merupakan estimasi perkiraan dan dapat terjadinya keterlambatan. Toco.id tidak membuat pernyataan atau jaminan atas setiap tanggal pengiriman yang ditampilkan dan Pembeli tidak akan meminta pertanggungjawaban Toco.id secara langsung dan atau tidak langsung atas setiap kerugian apapun yang timbul dikemudian hari.
    6. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Penjual wajib memenuhi standar pengemasan pengiriman Barang berdasarkan ketentuan kategori Barang sebagai berikut:
      1. Cairan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile. Optional menggunakan packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan).
      2. Elektronik (baterai, komputer, handphone, dan laptop), barang pecah belah, barang tajam / runcing wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile.
      3. Makanan wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, peredam ruang kosong, lapisan luar paket, dan stiker fragile.
      4. Lain-lain wajib menggunakan kemasan plastik, bubble wrap atau kemasan sejenis dengan fungsi serupa, karton atau kardus, lakban, dan peredam ruang kosong. Optional menggunakan lapisan luar paket, packing kayu (biaya dibebankan kepada Pembeli atau Penjual sesuai dengan kesepakatan), dan stiker fragile. 
      5. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Toco.id tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
    7. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak Toco.id paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.
    8. Informasi lebih lengkap terkait penyedia jasa layanan pengiriman Barang beserta dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  18. Penarikan Dana
    1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing bank.
    2. Penarikan Dana ke rekening bank Anda dapat dilakukan secara otomatis dan manual.

      Penarikan Otomatis akan dicairkan ke Saldo Penjual, sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:

      1. Pembeli sudah mengklik Pesanan selesai;
      2. Jadwal yang telah ditetapkan oleh Toco; dan atau
      3. masa garansi Toco berakhir

      Bagi Seller Premium, Anda dapat melakukan Penarikan Manual dengan biaya tambahan yang akan dibebankan dan menjadi tanggungan dari Anda.

    3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Toco.id, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Toco.id berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
    4. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin N. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Toco.id.
  19. Ketentuan Lain
    1. Apabila Pengguna mempergunakan fitur/layanan yang tersedia dalam Situs/Aplikasi Toco.id, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur/layanan yang digunakan.
    2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Toco.id secara umum.
    3. Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada Penjual dan Pembeli wajib untuk melakukan Verifikasi Identitas (Know Your Customer) setiap menambahkan dan atau mendaftarkan akun bank untuk pertama kalinya.
    4. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Toco.id, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi Toco.id.
  20. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab
  21. Toco.id adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website Toco.id. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Toco.id, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Toco.id secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.


    Toco.id selalu berupaya untuk menjaga Layanan Toco.id aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Toco.id memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real-time.


    Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Toco.id atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Toco.id diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".


    Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Toco.id (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Toco.id bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Toco.id.
    2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Toco.id.
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Toco.id.
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
    5. Kualitas Barang.
    6. Pengiriman Barang.
    7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
    8. Perselisihan antar pengguna.
    9. Pencemaran nama baik pihak lain.
    10. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
    11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Toco.id, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Toco.id ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
    12. Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
    13. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, Power Merchant Pro, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Toco.id.
    14. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Toco.id.
    15. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Toco.id.
    16. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Toco.id yang diduga palsu.
    17. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
    18. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
  22. Cash on Delivery (COD)
    1. Pembeli wajib membayar tunai kepada jasa ekspedisi saat pesanan diterima.
    2. Pembeli wajib membayar biaya tambahan apabila memilih metode pembayaran COD.
    3. Apabila Pembeli menolak membayar pesanan COD, maka:
      1. jasa ekpedisi berhak untuk mengembalikan produknya kepada Penjual. Pengembalian produk dilakukan ke alamat penjual yang terdaftar dalam aplikasi Toco.id.
      2. Seluruh biaya pengiriman kembali akan menjadi tanggunng jawab Penjual.
      3. Biaya pengiriman kembali akan dipotong dari saldo transaksi berikutnya di toko Penjual di Toco.id.
      4. Apabila saldo Penjual tidak mencukup untuk menutup biaya pengiriman kembali, saldo negatif akan diperhitungkan dalam biaya transaksi selanjutnya hingga biaya terselesaikan.
      5. Toco.id tidak menanggung atau menyerap biaya pengiriman kembali produk akibat penolakan pembayaran dari Pembeli.
    4. Toco.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan (baik itu kekurangan atau kelebihan bayar) yang dilakukan Pembeli kepada jasa ekspedisi di luar jumlah yang seharusnya.
    5. Bagi Pembeli yang memilih menggunakan metode pembayaran COD, Toco.id hanya menyediakan jasa ekpedisi dalam hal ini J&T. Pelanggan tidak dapat memilih jasa ekspedisi lain, selain yang telah ditentukan oleh Toco.id.
    6. Pembeli wajib memastikan alamat yang dicantumkan sudah benar dan dapat menerima pesanan pada saat kurir melakukan pengantaran ke lokasi tujuan.
    7. Apabila terjadi kegagalan pengantaran akibat kesalahan alamat atau penerima tidak berada dalam lokasi, J&T akan melakukan pengiriman ulang sesuai kebijakan operasional dari J&T.
    8. Dengan memilih metode pembayaran COD, Pembeli dianggap telah membaca dan menyetujui semua ketentuan yang berlaku.
  23. Asuransi
  24. Syarat dan Ketentuan Asuransi:

    1. Pengguna memahami dan menyetujui Klaim hanya dapat dilakukan setelah Premi Asuransi Pengiriman dibayarkan.
    2. Khusus untuk pembelian dengan metode pembayaran COD, maka berlaku ketentuan Klaim sebagai berikut:
      1. Untuk kendala pesanan hilang atau tidak sampai tidak dapat diajukan Klaim jika Pembeli belum membayar Premi.
      2. Untuk kendala pesanan rusak, status pesanan tiba/delivered namun barang tidak diterima, atau pesanan tidak sesuai, hanya dapat diajukan Klaim jika Pembeli sudah membayarkan Premi.
    3. Batas waktu Komplain awal ke Customer Care untuk tujuan pengajuan Klaim ditentukan oleh kendala yang dialami oleh Pembeli, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Batas waktu Komplain atas kendala pesanan hilang atau tidak sampai bergantung pada kebijakan masing-masing Partner Logistik. Pastikan laporan yang dilakukan masih dalam batas waktu pelaporan ke Partner Logistik sejak estimasi waktu tiba berdasarkan keterangan di Situs/Aplikasi (paket seharusnya terkirim),
      2. Batas waktu Komplain atas kendala pesanan rusak, status pesanan tiba/delivered namun barang tidak diterima, atau pesanan tidak sesuai maksimal 2 x 24 jam sejak status pesanan tiba/ delivered.
      3. Asuransi pengiriman tidak berlaku jika Penjual atau Pembeli mengajukan Komplain melebihi ketentuan batas waktu pelaporan dari masing-masing kendala.
    4. Pembeli memahami dan menyetujui sebelum Klaim diajukan kepada Partner Asuransi, atas Komplain kendala pesanan yang hilang, status pesanan tiba/delivered namun barang tidak diterima Pembeli, atau pesanan rusak akan terlebih dahulu dilakukan investigasi sesuai dengan kendala yang dialami Pembeli.
    5. Pengguna memahami dan menyetujui, penanggungan atas Komplain barang yang tidak sesuai adalah berupa pembebasan biaya retur (Pengembalian barang ke pihak Penjual) dan/atau re-shipment (Pengiriman ulang kembali dari pihak Penjual ke Pembeli).
    6. Apabila investigasi sudah dilakukan dan seluruh bukti dan dokumen yang dibutuhkan untuk Klaim sudah lengkap, maka Pusat Resolusi akan memberikan link form untuk pengajuan Klaim kepada Partner Asuransi yang akan diisi oleh Pembeli atau Penjual.
    7. Partner Asuransi akan melakukan peninjauan atas Klaim dan memberikan konfirmasi diterima atau tidaknya Klaim maksimal 1 x 24 jam pada hari kerja setelah Klaim diajukan. Kecuali jika Partner Asuransi membutuhkan dokumen tambahan dan/atau investigasi lebih lanjut.
    8. Uang pertanggungan atas Klaim akan dikirimkan melalui saldo refund selambat-lambatnya 14 hari kerja untuk metode pembayaran kartu kredit atau cicilan tanpa kartu kredit, atau 2 hari kerja untuk metode pembayaran selain kartu kredit atau cicilan tanpa kartu kredit, setelah konfirmasi disetujuinya Klaim dari Partner Asuransi. Kecuali jika Partner Asuransi membutuhkan dokumen tambahan dan/atau investigasi lebih lanjut.
    9. Pengguna memahami dan menyetujui keputusan untuk diterima atau tidaknya Klaim merupakan kewenangan penuh Partner Asuransi.
    10. Uang pertanggungan yang akan diberikan oleh Partner Asuransi adalah senilai invoice yang terdiri atas harga barang, ongkos kirim, dan ongkos retur, atau senilai dengan maksimum uang pertanggungan.
    11. Dalam hal terdapat Klaim yang tidak dapat diproses akibat kurir tidak dapat melakukan investigasi karena sudah melewati batas pelaporan kurir, maka untuk transaksi dengan status terakhir retur ke Penjual akan dibatalkan, sedangkan transaksi dengan status terakhir masih dalam pengantaran akan dianggap selesai.

    Ketentuan barang/produk yang tidak dapat didaftarkan pada Asuransi Pengiriman Toco:

    1. Barang antik, benda seni, lukisan berharga, bulu, obligasi, surat jaminan, akta, wesel, cek, dokumen hak milik apapun, manuskrip, data elektronik, perangko, medali, dan uang
    2. Hewan ternak atau burung atau tanaman
    3. Kayu atau kayu gelondongan
    4. Bijih nikel, bijih besi halus, dan Direct Reduced Iron (produk reduksi langsung bijih besi)
    5. Kargo atau kontainer yang setelah dikirim ke tujuan kemudian ditolak karena suatu alasan tertentu
    6. Risiko pada saat penyimpanan (kecuali selama transit pada perjalanan biasa)
    7. Satelit
    8. Container atau tempat penyimpanan selama pengiriman pesanan
    9. Pengiriman Uang Tunai
    10. Bahan cair dalam jumlah banyak
    11. Pengiriman barang untuk pemenuhan logistik pada masa kritis (Contoh: Pada saat bencana)
    12. Potongan dari barang-barang bekas
    13. Pengiriman pesanan dari/menuju luar negeri
    14. Barang-barang Ilegal sebagaimana diatur dalam perundang-undangan serta peraturan-peraturan yang sesuai dan
  25. Pelepasan
  26. Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan dan atau membebaskan Toco.id (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  27. Ganti Rugi
  28. Pengguna akan melepaskan Toco.id dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Toco.id (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Toco.id yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

  29. Pilihan Hukum
  30. Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

  31. Pembaharuan
  32. Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Toco.id menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu dan kami akan membantu memberitahu Anda, antara lain, dengan cara memperbaharui “Tanggal Efektif” dibagian atas halaman ini. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Toco.id, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.