Toco Classified

Iklan Baris
doodlebaby-by-minomiko-brand-sleepwear-lokal-yang-mendunia
Edukasi

6 days ago

Doodlebaby by Minomiko, Brand Sleepwear Lokal yang Mendunia!

Doodlebaby by Minomiko adalah brand lokal yang menghadirkan produk baju tidur atau sleepwear khusus untuk bayi dan anak. Brand ini mengusung konsep elevating your night experience, yaitu menciptakan momen berharga sebelum tidur lewat sleepwear yang lembut, hangat, dan stylish.

Produk pertama yang diluncurkan adalah sleepsack, yaitu semacam kantung tidur yang berfungsi menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat dan aman saat tidur tanpa perlu tambahan selimut. Terbatasnya pilihan sleepsack di Indonesia saat itu membuat sang founder, Ade Ismi Darmayani, memutuskan untuk membuat versinya sendiri. Siapa sangka, dari ide sederhana ini Doodlebaby by Minomiko kini telah menjangkau pelanggan hingga ke luar negeri. Penasaran seperti apa perjalanannya? Yuk, simak kisah lengkapnya di bawah ini!

Berawal dari modal Rp500 Ribu

Ade Ismi Darmayani (kanan), pemilik bisnis sleepwear anak Doodlebaby by Minomiko

Awal mula bisnis Doodlebaby by Minomiko adalah dari keresahan sederhana sang founder, Ade Ismi Darmayani, saat kesulitan mencari sleepsack bayi yang nyaman dengan harga yang terjangkau di Indonesia. Di tengah masa cuti hamil saat masih bekerja kantoran, ia terpikir untuk membuat sleepsack buatannya sendiri.

Ade memulai bisnisnya dengan bermodalkan Rp500 ribu dan menggunakan sistem pre-order. Langkah kecil ini membawanya pada perubahan besar yang membuat brand-nya sekarang dikenal hingga mancanegara.

“Saat cuti hamil 3 bulan, saya memulai bisnis ini dengan modal Rp500 ribu. Saya berjualan dengan sistem pre-order dan uang yang masuk langsung dipakai untuk produksi. Setelah berjalan tiga bulan, baru mulai beralih dari sistem pre-order ke ready stock,” ujar Ade Ismi Darmayani, pemilik bisnis Doodlebaby by Minomiko.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Fashion dengan Modal Kecil

Jeli melihat peluang saat mulai berbisnis

Produk sleepsack lokal dari Doodlebaby by Minomiko

Saat memulai bisnis Doodlebaby by Minomiko, Ade melakukan riset dan menyadari jika kebutuhan sleepwear, terutama sleepsack yang berkualitas dan terjangkau masih jarang di Indonesia. Dari situlah, ia konsisten membangun branding yang kuat dan memberikan tampilan profesional serta menarik di Instagram agar produknya terlihat meyakinkan meski baru merintis.

Langkah ini terbukti efektif dan brand-nya mulai dikenal bahkan sampai ke luar negeri. Pelanggan dari Malaysia dan Singapura mulai berdatangan karena melihat kualitas dan tampilan produk yang memikat.

Baca juga: Ide Bisnis Sampingan dari Uang THR, Patut Dicoba!

Kualitas dan strategi jadi kunci tembus pasar internasional

Produk sleepsack berkualitas dari Doodlebaby by Minomiko

Menjual produk anak bukan cuma soal tampilan yang menggemaskan. Sejak awal, Ade menyadari bahwa kualitas adalah fondasi utama agar bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang. Ia pun terus belajar memahami standar dan kebutuhan konsumen internasional agar produk yang ditawarkan gak hanya menarik, tapi juga fungsional dan sesuai ekspektasi.

“Kami fokus pada kualitas dan kebutuhan pasar, salah satunya soal TOG (Thermal Overall Grade), yaitu standar tingkat ketebalan sleepsack yang menjadi perhatian konsumen dari luar negeri,” jelas Ade.

Tips menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga

Doodlebaby by Minomiko dibangun oleh ibu rumah tangga yang bisa sukses hingga go internasional

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti gak bisa berbisnis. Menurut Ade, kuncinya adalah manajemen waktu dan disiplin. Ia membagi waktu kerja sesuai jadwal yang realistis, misalnya fokus bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 1 siang, lalu kembali menjalani rutinitas rumah tangga. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya membangun tim.

“Jangan takut merekrut orang untuk bantu jalanin bisnis. Kita gak bisa sendiri, apalagi sebagai ibu rumah tangga. Hal ini penting diterapkan, daripada kewalahan dan bisnis malah berhenti di tengah jalan,” kata Ade.

Jualan makin untung lewat marketplace Toco

Toco bersama Doodlebaby by Minomiko dalam Festival I-SWAM (2024)

Doodlebaby by Minomiko adalah salah satu contoh brand lokal yang berhasil bertumbuh berkat dukungan ekosistem digital yang tepat. Dengan bergabung sebagai merchant di marketplace Toco, penjual bisa menikmati keuntungan lebih tanpa harus terbebani biaya admin yang memberatkan.

Toco bukan hanya tempat jualan, tapi juga platform yang mendorong pertumbuhan bisnis. Dengan sistem yang ramah seller, brand bisa fokus membangun usahanya tanpa khawatir soal potongan yang menggerus keuntungan.

“Jualan di e-commerce seperti Toco sangat menyenangkan karena gak ada admin fee. Jadi, penjual bisa dapat keuntungan lebih maksimal,” pungkas Ade.

Baca juga: Toco Bebas Biaya Admin, Saatnya Buat Promo Biar Makin Laris!


Kisah Doodlebaby by Minomiko menunjukkan kalau bisnis gak selalu harus dimulai dari sesuatu yang besar. Kadang, ide terbaik justru datang dari kebutuhan sehari-hari. Yang penting konsisten, mau belajar, dan peka lihat peluang.

Kalau kamu juga punya produk dan mimpi membangun usaha, sekarang saat yang pas buat mengembangkan bisnismu. Lewat Toco, kamu bisa mulai jualan tanpa ribet dan bebas biaya admin. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung pasang produkmu di Toco dan rasakan keuntungannya!

©2023 PT Toco Ramai Digital. Segala Hak Cipta Dilindungi